Profil D-III Kebidanan

Program Studi Diploma III Kebidanan  merupakan Pendidikan profesional yang menekankan pada penerapan keahlian dan ketrampilan dalam pelayanan Kesehatan khususnya pelayanan ibu dan anak di masyarakat yang berdiri pada Tahun 2006 berdasarkan SK DIKTI No.5040/D/T/2006, yang diperpanjang dengan SK Kopertis Wilayah VII a.n. Dirjen DIKTI No  14513/D/T/K – VII/2013.

Dalam usaha membangun dan mengembangkan Program Diploma III Kebidanan, pimpinan beserta segenap pengasuh Program Diploma UNISLA disetiap periode menghadapi tantangan dan permasalahan yang berbeda beda. Masalah dan tantangan tersebut timbul sebagai akibat dari perubahan lingkungan.

Perubahan lingkungan yang menuntut Program Diploma UNISLA untuk mampu mengembangkan diri menjadi organissai pengelola pendidikan vokasi yang efektif, efesien, produktif, transparan dan akuntabel. Sehingga mampu menghasilkan tenaga tenaga ahli madya dibidang kesehatan. Sampai sekarang, program diploma dengan usia 9 tahun telah dipimpin 2 orang direktur dengan tiga kali periode. Beberapa aspek penting selama masa kepemimpinan tersebut adalah:

  1. Hani Habibah,. SST, ( Periode 2006 – 2009)

Pada masa itu PD I Ibu Khusnul Nikmah,. SST,. PD II Nanik Nuraini, SST. adalah masa pendirian yang mana masih rendahnya minat belajar mahasiswa dan  langkahnya ketersediaan dosen yang professional, sehingga dosen harus dikirim tugas belajar Diploma IV kebidanan dengan keadaan mahasiswa yang masih sedikit. Kelengkapan fasilitas belajar masih berpindah pindah mengakibatkan kurang efektifnya proses pembelajaran dan kurangnya sarana laboratorium, namun setiap tahun selalu meningkatkan pengembangan dalam sarana prasarana.

Diakhir masa jabatan kepemimpinan ini Program Diploma III berhasil membawa akreditasi dengan nilai B.

  1. Nurul Kawakib,. Sp.B ( Periode 2010 – 2014)

Masa ini UNISLA telah berhasil membeli gedung dan tanah yang cukup luas pada tahun 2009 membuat Suasana perkuliahan lebih tenang dan tertata. Walaupun keperluan kuliah belum menyatu dengan kantor administrasi.

Pejabat dekanat ganti untuk Asisten Direktur I ibu Sumiyati,. SST,.M.Kes dan Asisten direktur II Kustini,.SST. Ka. Prodi ibu Eka Sarofah Ningsih,. SST,. M.M.Kes pada masa ini pada masa akhir periode dihadapkan pada persiapan re akreditasi program diploma III Kebidanan dengan mengirimkan 2 dosen untuk mengikuti sosialisasi LAM PT Kes.

  1. Ida Susila,. Amd. Keb,. SST,. M. Kes( Periode 2014 – 2018) Masa ini UNISLA telah berhasil membangun gedung setinggi 4 lantai dan tanah seluas 6 Ha Suasana perrkuliahan lebih tenang dan tertata. Sistem administrasi mulai tertata dan masa ini disebut masa hidup dan pertumbuhan. Program diploma III sebgai icon universitas berhasil meraih beberapa prestasi dosen dan mahasiswa. Pejabat dekanat ganti untuk sekretaris direktur Kustini,. SST,. Prodi Fitriana Ikhtiarinawati,. SST,. M.Kes. pada masa ini pada masa ini program studi diploma III mempersiapkan proses akreditasi tahun 2015. pada masa ini UNIStabeLA telah menata pada tahap hidup, tumbuh dan berkulaitas. Layanan terhadap peningkatan admosfir akademik mulai diperhatikan, peningkatan kualitas tenaga akademik, dosen dan sarana prasarana mulai berkembang. Perkuliahan program diploma telah menempati gedung B.

Dalam usaha membangun dan mengembangkan Program Studi Kebidanan UNISLA, pimpinan beserta segenap pengasuh Program Studi Kebidanan UNISLA disetiap periode menghadapi tantangan dan permasalahan yang berbeda beda. Masalah dan tantangan tersebut timbul sebagai akibat dari perubahan lingkungan.

Perubahan lingkungan yang menuntut Program Studi Kebidanan UNISLA untuk mampu mengembangkan diri menjadi organisai pengelola pendidikan tinggi yang efektif, efesien, produktif, transparan dan akuntabel. Sehingga mampu menghasilkan tenaga tenaga ahli dibidang Kesehatan. Sampai sekarang, Program Studi Kebidanan dengan usia 9 tahun telah dipimpin 2 direktur dengan dua kali periode kepemimpinan dan pergantian Asisten Direktur.

Program Studi Kebidanan Universitas Islam Lamongan memiliki 1 Program Studi yaitu.

  1. Program Studi Diploma III Kebidanan ( Terakreditasi : Lam PT Kes )